Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Penetapan hari penting ini tertuang dalam surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Penetapan Hari Lahir Pancasila ini merujuk pada momen sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Pada sidang tersebut, Presiden Soekarno untuk pertama kalinya menyebutkan kata Pancasila.


Maka dari itu bertempat di Halaman Kapanewon Banguntapan dilaksanakan Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, sebagai Inspektur Upacara Danramil Banguntapan, dan dihadiri Forkompimkap, Semua Lurah se Banguntapan, Kepala Puskesmas I, II, III Banguntapan, Kepala Sekolah se Banguntapan, Pamong Desa, FPRB dan Linmas, Damkar Banguntapan, serta Siswa siswi SMPN 1 Banguntapan.

 

 

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini Pemerintah telah merilis tema " Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

 



Mari bersama-sama merapatkan barisan untuk menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia dengan merawat dan mengaktualisasikan nilai-nilai dalam Pancasila.