Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, mengukuhkan Forum Komukasi Lintas Budaya Nusantara

Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, mengukuhkan Forum Komukasi Lintas Budaya Nusantara melalui acara bertajuk Silaturahmi Kebangsaan Menuju Indonesia Damai dalam Bingkai Kebinekaan, di Gedung Olahraga Mbah Joyo Chenter (MJC), Tamanan Banguntapan, Bantul, Sabtu (21/5/2022).

"Kita semua sebgai Bangsa Indonesia sudah menjadi sunutulah yaitu diciptakan dalam kebhinekaan suku, agama dan budaya. Meski berbeda-beda namun justru menjadi kekayaan, kelebihan dan kekutan tersendiri yang dimiliki Bangsa Indonesia,” kata Abdul Halim dalam sambutannya.

Bupati menyatakan Forum Lintas Budaya Nusantara ibarat orkestra dengan ragam intrumennya dari biola, terompet, gitar, orgen, kendang hingga seruling. Masing-masing instrumen tersebut memiliki bunyi dan fungsi sesuai partitur. Sehingga bisa dilihat, didengar dan dirasakan. Dapat dihayati merdu.

Masing-masing bekerja sesuai fungsi dalam kebersamaan saling melengkapi untuk kedamaian bangsa Indonesia yang memang Bhineka Tunggal Ika. Walau berbeda-beda tetap satu jua. “Maka kebersamaan kebagsaan harus dipertahankan bahkan diperkuat oleh semua pihak,” ujar Abdul Halim.



Sementara itu, salah seorang panitia yang juga Panewu Banguntaman I. Nyoman Gunarsa, menyatakan acara ini dimaksudkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Mencipta kedamaian.

Sedangkan pemilik MJC, Putrajaya yang akrab dipanggil Mbah Joyo, menyatakan pihaknya menginisiasi acara ini untuk memperkuat kebangsaan dan kedamaian Indonesia.

Usai pengukuhan Forum Komunikasi Lintas Budaya Nusantara, dilanjutkan dengan deklarasi kebhinekaan kebangsaan dipimpin Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa. Selain itu juga dipentaskan tari dan musik nusantara dari berbagai wilayah diantaranya Bali, Yogyakarta, Kalimantan dan Papua. (Spd)

Sumber : https://yogyapos.com/berita-bupati-abdul-halim-muslih-kukuhkan-forum-komunikasi-lintas-budaya-nusantara-6965