Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Minggu ke 2 Februari 2024

Kegiatan PSN Kapanewon Banguntapan di tahun 2024 pada hari Jumat, 16 Februari 2024 dilaksanakan di Pedukuhan Tegal Tandan, Wiyoro, Salakan, Bintaran, Mutihan, Glagah Lor, dan RW 2 Celenan. Kegiatan ini melibatkan unsur Kapanewon, Kalurahan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, KUA, Puskesmas, PLKB, PPL, PKH, dan kader jumantik. PSN merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan memberantas sarang nyamuk penyebab penyakit DBD. 

Dalam kegiatannya masih ditemukan jentik nyamuk baik di dalam rumah ataupun diluar rumah, khususnya rumah yang masih memiliki bak mandi besar dan pot-pot bunga. Disampaikan juga paparan dari Puskesmas mengenai kewaspadaan terhadap Leptosprirosis yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Bakteri ini awalnya menginfeksi hewan seperti tikus, anjing, kucing, sapi, kambing dan babi.dari hewan tersebut kemudian dapat menular kepada manusia, misalnya melalui air kencing tikus yang terkontaminasi bakteri.
Gejala yang muncul berupa demam, pusing dan nyeri. Dalam musim penghujan ini, penyebaran Leptospirosis cenderung naik, oleh karenanya diharapkan masyarakat berperan aktif untuk membersihkan lingkungannya sekitar masing-masing dan melaksanakan PSN ataupun kerjabakti secara mandiri. Adapun hasil persentase ABJ dalam kegiatan hari ini, yaitu:

1. Kalurahan Banguntapan dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 88,58%
2. Kalurahan Baturetno dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 77,5%
3. Kalurahan Potorono dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 81,81%
4. Kalurahan Jambidan dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 88%
5. Kalurahan Wirokerten dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 83,33%
6. Kalurahan Tamanan dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 68,18%
7. Kalurahan Jagalan dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : 92,5%
8. Kalurahan Singosaren dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) : -