MUSRENBANG KAPANEWON BANGUNTAPAN 2023


MUSRENBANG KAPANEWON BANGUNTAPAN 2023


Rekap hasil verifikasi lapangan Pagu Indukatif Kecamatan (PIK) Tahun 2023 dan usulan Program Pembangunan Berbasis Masyarakat Pedesaan di Kapanewon Banguntapan mencapai Rp 2.850 miliar. Jumlah usulannya 55 item berasal dari 8 Kalurahan.


Hal itu terungkap pada Musyawarah Rencana Pembagunan Kapanewon Banguntapan 2023, di Taman Porwaci Banguntapan, Rabu (9/2). Acara ini dihadiri oleh segenap stakeholder terkait dengan program tersebut. Termasuk tiga anggoata DPRD Bantul yaitu Teguh Santoso, Agus Sofwan dan Endro Sulasmo.


Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa SPsi MPsi, saat membuka acara ini, mengatakan meskipun penyusutan lahan pertanian di Banguntapan cukup tinggi dan mobilitas masyarakat juga tinggi, namun tetap berupaya agar pertanian tetap ada dan berjalan serta semakin baik.


“Untuk mengupayakan itu, maka Pemerintah Kapanewon Banguntapan melakukan kerjasama dengan kalangan perguruan tinggi sagu diantaranya Universitas Ahmad Dahkan (UAD) Yogyakarta,” tutur I Nyoman Gunarsa.


Dikatakan, program ini untuk mewujudkan dan mensukseskan UMKM, pertanian dan pengolahan sampah. Pertanian akan dilengkapi dengan pelatihan internet (internet of thing). Sedangkan UMKM yang jumlahnya sekitar 100 menggunakan aplikasi ‘Si Bangun’ dalam pemasaran.


Sementara itu, Asek III Bantul yang selaku Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Bantul, Pulung Hariyadi, mengatakan pembangunan di Bantul 2022/2023 diarahkan untuk mensukseskan program Pemkab, mencakup tujuh yaitu diataranya terwujudnya pelayanan publik melalui IT. Kemudian peningkatan kualitas SDM dan penguatan ekonomi warga, pencapaian misi pembangunan pertanian, pariwisata dan penguatan UMKM.


Sumber : https://yogyapos.com/berita-usulan-ppbmp-2023-banguntapan-mencapai-rp-285-miliar-6109