Penambahan SAMBUNGAN RUMAH (SR) AIR BERSIH

Ahad Pon, 15 Agustus 2021 21:44 WIB ∼ 58 Komentar (0)

Foto Berita

Mutihan (15/8) - Kebutuhan  air bersih kian hari kian meningkat sesuai dengan pertambahan penduduk, baik karena penambahan jumlah kelahiran maupun akibat urban masyarakat. 

Air bersih merupakan kebutuhan  pokok manusia, apalagi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih dalam memenuhi kebutuhan harian, baik untuk dikonsumsi maupun untuk keperluan lainnya seperti mandi, mencuci maupun untuk hewan peliharaan serta penyiraman tanaman. 

Salah satu upaya yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan air bersih tersebut melalui Kelompok Pengelola Sistem Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi (KP SPAMS) Tirta Manunggal, yang dalam hal ini merupakan pelaksana operasional yang merupakan dari warga, oleh warga dan untuk warga. 

Penyambungan Sambungan Rumah (SR) pada awalnya, saat bersamaan dengan pembangunan sumur dan jaringan distribusi telah terdaftar sebagai anggota / berlangganan sebanyak 31 anggota. 

Pada tahun ini KP SPAMS mendapat bantuan anggaran dari Kalurahan Wirokerten untuk penambahan jaringan baru yang lebih luas, sehingga Penambahan jaringan baru tersebut mendekatkan ke warga yang akan ikut menjadi anggota, sehingga dengan penambahan  jaringan tersebut menambah anggota sebanyak 12 SR. Walaupun demikian masih diperlukan penambahan jaringan baru sekitar 4.000 meter dari sekitar 5.000 meter yang direncanakan. 

KP SPAMS melalui tim teknis pada hari ini, Minggu tanggal 15 Agustus 2021 melakukan penambahan jaringan baru di RT 02 dan pemasangan  SR baru serta pemindahan meteran, penempatan meteran yang semula di belakang akan dipindah ke tengah halaman. 

Dengan adanya penambahan anggota baru maka hingga kini telah menjadi anggota KP SPAMS sebanyak 44 anggota dari sekitar  150 anggota sesuai kapasitas sumber air yang dimiliki . 
Bagi warga yang menginginkan pemasangan sambungan bisa mendaftar melalui Ketua RT, namun mohon maaf karena keterbatasan jaringan untuk saat ini belum bisa mengakses keseluruh lokasi. 

Adapun sebagai informasi biaya pemasangan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke 76 sebesar 500 ribu dari pendaftaran normal sebesar Rp. 750.000, biaya tersebut sudah termasuk biaya meteran, assesoris, pipa, satu titik kran dan biaya pemasangan. 
Sedangkan untuk iuran bulanan dikenakan iuran langganan sebesar Rp. 5.000, - dan iuran pemakaian sebesar Rp. 3.500,-/m3.

Sumber : FB Pokgiat Mutihan



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas Banguntapan I

Puskesmas Banguntapan I

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 383104

Puskesmas Banguntapan II

Puskesmas Banguntapan II

Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul
(0274) 7466879

Puskesmas Banguntapan III

Puskesmas Banguntapan III

Karangsari, Tegaltandan, Banguntapan, Bantul
(0274) 4544667

Komando Rayon Militer Banguntapan

Koramil / Komando Rayon Militer Banguntapan

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul

Kepolisian Sektor Banguntapan

Polsek / Kepolisian Sektor Banguntapan

Jl. Wonosari, Banguntapan, Bantul
(0274) 414132

Kantor Urusan Agama Banguntapan

KUA / Kantor Urusan Agama Banguntapan

Karangturi, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 384019