Verifikasi Lapangan Penghargaan Pertanian 2021

Rabu Pahing, 21 April 2021 18:28 WIB ∼ 119 Komentar (0)

Foto Berita

Pada hari ini(Selasa, 20/4/2021) Tim Verifikasi dari Unit Pelaksana Tenis Dinas Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (UPTD BPSDMP) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengunjungi Rumah Heni Sulistyo (37 Tahun) di Pedukuhan Mertosanan Wetan, Potorono, Banguntapan, Bantul. Kunjungan ini dalam rangka Verifikasi Lapangan Penilaian Penghargaan Pertanian Tingkat Provinsi DIY Tahun 2021 kategori sebagai Petani Berprestasi, setelah sebelumya pada hari Senin tanggal 12 April 2021 bertempat di Kantor Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dilakukan penilaian wawancara melalui zoom meeting dengan di dampingi oleh PPL Pendamping dari BPP Kapanewon Banguntapan dan Ketua Kelompok Tani Margo Mulyo Mertosanan Wetan.
Acara verifikasi lapangan dimulai pukul 09.00 WIB, dengan dihadiri oleh UPTD BPSDMP Dinas Pertanian dan Ketahanan Provinsi DIY, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Kapanewon Banguntapan, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kapanewon Banguntapan, Lurah Potorono, Dukuh Mertosanan Wetan dan Kelompok Tani Margo Mulyo Mertosanan Wetan.
Sebelumnya, Heni Sulistyo adalah seorang petani dari Kelompok Tani Margo Mulyo yang mampu memanfaatkan teknologi pertanian yaitu mesin tanam padi (Rice Transplanter) bantuan dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul pada tahun 2016. Selain itu, Heni juga melaksanakan pembibitan padi menggunakan dapog/tray(papan persemaian pembibitan) sebagai syarat pada saat akan menanam menggunakan mesin, karena memerlukan bibit khusus yang cara persemaian berbeda dengan persemaian yang biasa dilakukan saat ini(konvensional). Lalu pada tahun 2020, Heni ditunjuk untuk mewakili Kapanewon Banguntapan dalam Penghargaan Petani Berprestasi Tingkat Kabupaten dan mendapatkan peringkat kedua. Kemudian pada tahun 2021, Heni mendapat kesempatan untuk mewakili Kabupaten Bantul dalam Penghargaan Petani Berprestasi Tingkat Provinsi DIY.
UPTD BPSDMP Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY dalam kunjungannya turut berpesan untuk terus menggiatkan kepada petani muda khususnya dalam pertanian modern. Tentu saja karena peran petani muda milenial di bidang pertanian penting sekali, sebab dianggap memiliki jiwa yang adaptif dalam pemahaman modernisasi teknologi. Selaras dengan hal tersebut, Heni Sulistyo juga menyampaikan dan mengajak masyarakat untuk memaksimalkan kegiatan dalam bidang pertanian, sebagai contoh semakin berkurangnya tenaga tanam padi. Dalam era modern seperti saat ini, petani pun dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi yang semakin canggih seperti halnya mesin penanam padi dan juga memanfaatkan teknologi sebagai media promosi pertanian. Oleh karena itu, penting kiranya kaum muda milenial turut aktif dalam dunia pertanian untuk memaksimalkan kegiatan pertanian dengan teknologi seperti saat ini.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas Banguntapan I

Puskesmas Banguntapan I

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 383104

Puskesmas Banguntapan II

Puskesmas Banguntapan II

Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul
(0274) 7466879

Puskesmas Banguntapan III

Puskesmas Banguntapan III

Karangsari, Tegaltandan, Banguntapan, Bantul
(0274) 4544667

Komando Rayon Militer Banguntapan

Koramil / Komando Rayon Militer Banguntapan

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul

Kepolisian Sektor Banguntapan

Polsek / Kepolisian Sektor Banguntapan

Jl. Wonosari, Banguntapan, Bantul
(0274) 414132

Kantor Urusan Agama Banguntapan

KUA / Kantor Urusan Agama Banguntapan

Karangturi, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 384019