Peringati Hari Air Dunia dan HUT Ke-5 Gerakan Irigasi Bersih, Desa Potorono Mencanangkan Diri Sebagai Desa Peduli Sampah Hingga Gelar Budaya Mapag Toya

Senin Kliwon, 26 Maret 2018 23:44 WIB ∼ 620 Komentar (0)

Foto Berita

Rangkaian kegiatan memperingati Hari Air Dunia dan HUT Gerakan Irigasi Bersih Ke-5 di Desa Potorono

Hari Air Dunia diperingati setiap tanggal 22 Maret di setiap tahunnya, peringatan ini menjadi perhatian masyarakat dunia mengenai pentingnya air bagi kehidupan selain itu pula dapat memotivasi publik untuk mendukung dan sadar dalam mensukseskan program konservasi sumber-sumber air bersih. Peringatan Hari Air Dunia di tahun 2018 ini, mengambil tema “Nature From Water" atau Nature based Solutions for Waters. Tema tersebut bermaksud untuk mengajak masyarakat memberikan solusi yang berbasis alam untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan konservasi air bersih.

Melihat dari hal tersebut Pemerintah Desa Potorono tidak ingin meninggalkan momen ini, sehari sebelum peringatan Hari Air Dunia, tanggal 21 Maret 2018 Desa Potorono mencanangkan diri menjadi Desa Peduli Sampah. Keberadaan sampah yang tidak dikelola dengan baik secara langsung juga akan berdampak buruk terhadap kualitas air. Masuknya zat, unsur, maupun komponen lainnya kedalam air sehingga air menjadi tercemar dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Sampah yang dibuang sembarangan juga akan menyumbat saluran irigasi dan mengganggu kelancaran distribusi air sungai. Selain itu, pencanangan diri sebagai Desa Peduli Sampah ini menjadi suatu wujud nyata Desa Potorono dalam mendukung target Bantul Bersih Sampah 2019. Pencanangan digelar dengan pembacaan janji oleh perangkat desa yang dipimpin langsung oleh Lurah Desa Potorono, Prawata. Selanjutnya langkah konkret yang akan segera dilakukan diawali dari lingkup RT dengan mendorong warga untuk mengurangi dan memilah sampah rumah tangga sehingga sampah yang benar-benar dibuang merupakan residu akhir.  
Kamis, 22 Maret 2018 sehari setelah pencanangan Desa Peduli Sampah, agenda selanjutnya adalah pelatihan manajemen sampah di tingkat desa. Bertempat di Bank Sampah BMS 3R dusun Salakan, pelatihan ini dihadiri oleh kader Desa Potorono, PKK desa Potorono, BPD Potorono dan pendamping desa dari tingkat desa dan tingkat kecamatan. Pelatihan manajemen sampah ini dimotori oleh Jumali yang juga merupakan Dukuh Dusun Salakan Desa Potorono. Dalam agenda ini juga dibentuk pengurus dan kader Bank Sampah, yang mana selanjutnya akan menyusun RAB untuk kelengkapan administrasi. Langkah berikutnya adalah mengusahakan agar Bank Sampah mendapatkan anggaran dari Desa melalui alokasi Bumdes sehingga Bank Sampah dapat dijalankan secara profesional. Dalam menjalankan fungsinya, kader Bank Sampah akan mensosialisasikan di lingkup RT ataupun di setiap pertemuan dasawisma.

Puncak acara dalam memperingati Hari Air Dunia dan HUT Ke-5 Gerakan Irigasi Bersih “Merti Tirta Amartani”, Minggu 25 Maret 2018 Desa Potorono melaksanakan Gelar Budaya Mapag Toya bertempat di Telaga Desa Potorono. Mapag Toya ini merupakan kerjasama Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dengan Universitas Gajah Mada. Turut hadir dalam acara ini Asisten Bidang Pemerintahan dan Pembanguna serta dari DPUPKP Kabupaten Bantul, DLH Bantul, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Muspika Kecamatan Banguntapan.  Gelar Budaya diawali dengan Kirab Andong dengan tiga tumpeng hasil bumi dari Balai Desa Potorono menuju Telaga Desa Potorono dilanjutkan dengan prosesi Mapag Toya. Tradisi ini merupakan wujud menjaga air sebagai simbol kehidupan manusia, rasa syukur atas terpenuhinnya air yang melimpah sebagai sumber pengairan sawah serta mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian sumber air. Acara ini dipungkas dengan pemotongan tumpeng dan berebut tumpeng hasil bumi oleh warga setempat.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas Banguntapan I

Puskesmas Banguntapan I

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 383104

Puskesmas Banguntapan II

Puskesmas Banguntapan II

Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul
(0274) 7466879

Puskesmas Banguntapan III

Puskesmas Banguntapan III

Karangsari, Tegaltandan, Banguntapan, Bantul
(0274) 4544667

Komando Rayon Militer Banguntapan

Koramil / Komando Rayon Militer Banguntapan

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul

Kepolisian Sektor Banguntapan

Polsek / Kepolisian Sektor Banguntapan

Jl. Wonosari, Banguntapan, Bantul
(0274) 414132

Kantor Urusan Agama Banguntapan

KUA / Kantor Urusan Agama Banguntapan

Karangturi, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 384019