Desa Potorono Calon Nominator Desa Pangan Aman Tingkat Nasional.

Rabu Kliwon, 14 Februari 2018 12:21 WIB ∼ 560 Komentar (0)

Foto Berita

Wakil Bupati Kabupaten Bantul,H. Abdul Halim Muslih memberikan sambutan dalam acara Verifikasi Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional di Balai Desa Potorono.

Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) merupakan salah satu program Badan POM yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan agar kemudian dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai ke tingkat perorangan sekaligus memperkuat ekonomi desa. Gerakan ini dicanangkan dengan tujuan untuk meningkatkan akses keamanan pangan desa yang berbasis kearifan lokal untuk peningkatan ekonomi keluarga dan mengembangkan produk pangan unggulan desa berbasis keamanan pangan.  Salah satu desa yang diintervensi oleh  BBPOM DIY dalam program tersebut  adalah Desa Potorono hingga dapat melaju menjadi calon nominator Desa Aman Pangan Tingkat Nasional dalam acara Lomba Paman (Pangan Aman).

Rabu, 14 Februari 2018 bertempat di Kelurahan Potorono dilaksanakan Verifikasi Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional. Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kabupaten Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Kepala BBPOM DIY, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Camat beserta jajaran Muspika Kecamatan Banguntapan, Lurah Desa Potorono bersama Ketua BPD, Ketua LPMD, Pamong Desa Potorono, dan segenap kader GKPD Desa Potorono.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kabupaten Bantul, H. Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Desa Potorono untuk maju menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional dan berharap kompetisi ini akan menjadi penyemangat dalam proses pembangunan yang berkesinambungan untuk menjadikan masyarakat desa di Kabupaten Bantul menjadi masyarakat yang sehat dan dapat menerapkan keamanan pangan secara mandiri. Diharapkan nantinya Desa Potorono mampu mereplikasi kegiatan desa aman pangan ini ke desa lain.  

Dalam acara ini selanjutnya tim verifikasi akan memverifikasi data administrasi dan juga survei langsung pada 6 titik sampel seperti kantin sekolah dan industri makanan di Desa Potorono.Direncanakan hasil penilaian nantinya akan diumumkan pada akhir Februari 2018.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas Banguntapan I

Puskesmas Banguntapan I

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 383104

Puskesmas Banguntapan II

Puskesmas Banguntapan II

Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul
(0274) 7466879

Puskesmas Banguntapan III

Puskesmas Banguntapan III

Karangsari, Tegaltandan, Banguntapan, Bantul
(0274) 4544667

Komando Rayon Militer Banguntapan

Koramil / Komando Rayon Militer Banguntapan

Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul

Kepolisian Sektor Banguntapan

Polsek / Kepolisian Sektor Banguntapan

Jl. Wonosari, Banguntapan, Bantul
(0274) 414132

Kantor Urusan Agama Banguntapan

KUA / Kantor Urusan Agama Banguntapan

Karangturi, Baturetno, Banguntapan, Bantul
(0274) 384019